Studium Generale: Memahami Regulasi Cyber di Indonesia sebagai Bekal di Dunia Kerja


Sabtu, 28 Oktober 2017, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Unpas menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “Memahami Regulasi Cyber di Indonesia sebagai Bekal di Dunia Kerja”. Kegiatan ini diisi oleh Bapak Ir. Djoko Agung Harijadi, MM., sebagai pembicara selaku Staf Kementerian Kominfo pada tahun 2012-2016.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, melingkupi kehadiran internet yang semakin akrab bagi masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan. Internet juga semakin familiar tidak hanya di kalangan dewasa, tetapi juga anak-anak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat tersebut, sayangnya, belum termanfaatkan dengan optimal. Disisi lain, masyarakat belum secara “sehat” memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Alhasil, hal itu justru disalahartikan.

Begitu menggunakan internet, berarti hadir di ruang publik. Pengkases internet dapat mengetahui informasi apapun yang ada. Dari informasi-informasi tersebut banyak juga yang disalahgunakan. Dalam hal ini, meningkatnya kasus kejahatan yang melibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, seperti info hoax, penipuan, dan merebaknya situs-situs porno yang kerap mudah diakses, bullying, dsb. Hal tersebut menimbulkan dampak buruk pada kehidupan sosial masyarakat.

Untuk mencegah dan mengontrol kejahatan/penyimpangan yang terjadi di dunia maya, pemerintah mengeluarkan hukum yang mengatur dan memfasilitasi  penggunaan informasi dan transaksi elektronik yang diatur dalam UU ITE.

Selain itu, masyarakat juga harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka. Teknologi informasi dan komunikasi bisa menjadi media interaksi dengan seluruh dunia sehingga dapat memperluas jaringan pertemanan.  

No comments:

Post a Comment