HMTI Mengaji: Kewajiban Manusia sebagai Insan


Kamis, 19 Oktober 2017, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pasundan mengadakan pengajian dengan tema “Kewajiban Manusia sebagai Insan”. Kegiatan ini dihadiri oleh 33 orang serta dihadiri Kang Auliansyah Apriantoni, ST. dan Kang Muhamad Nur Aziz dari DKM Ulul Albab sebagai pemateri.
Kegiatan dimulai dengan tadarus bersama  yang dipimpin oleh Kang Aziz dengan membaca Surah Al-Insan (Manusia). Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Kang Toni mengenai “Kewajiban Manusia sebagai Insan”.
Istilah al-Insan dalam Al Quran umumnya digambarkan mengenai keistimewaan manusia. Manusia merupakan makhluk yang berilmu serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmunya karena Allah memberi manusia potensi untuk itu. Allah memberikan manusia sebuah potensi yang berbeda dengan makhluk lainnya yaitu adanya akal. Akal inilah yang mmbedakan manusia dengan makhluk lainnya (sumber:https://tahdits.wordpress.com/2015/06/03/konsep-al-insan-dalam-al-quran/).

Oleh karena itu, kewajiban manusia sebagai insan ada lima yaitu beriman, berilmu, beramal, berdakwah, dan berjihad. Berikut penjelasannya:
1.      Beriman sendiri diambil dari kata “iman” yang artinya “percaya atau yakin”, dalam hal ini diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Keimanan yang dimiliki seseorang dapat tercermin dari perilakunya.
2.  Berilmu dimana dikatakan “Tidak diterima amalan seseorang jika tidak berilmu. Berdasarkan hal tersebut seorang insan wajibnya mengawali dengan ilmu sebelum berkata dan beramal karena ilmu itu pelurus niat, dimana niat itu akan memperbaiki amalan.” (Dinukil dari Taisrul Wushul Ila Nailil Ma’mul, Syarh Tsalatsatul Ushul)
3.  Beramal dimana “Sesungguhnya setiap amalan harus disertai dengan niat” (HR. Bukhari). Artinya, bahwa niat merupakan timbangan penentu, apabila niatnya baik maka amal menjadi baik sedangkan bila niatnya jelek maka amalannya menjadi jelek.
4.   Berdakwah memiliki pengertian yaitu mengajak orang di jalan kebaikan. Berdakwah adalah tugas mulia dalam pandangan Allah SWT, sehingga dengan dakwah tersebut Allah menyematkan predikat khoiru ummah (sebaik-baik umat) kepada umat Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.
5.     Berjihad terdapat 3 macam diantaranya jihad melawan orang-orang fasiq, jihad melawan setan, dan jihad melawan nafsu. Adapun jihad melawan orang-orang fasiq dengan tangan, lisan, dan hati, jihad melawan setan dengan menolak segala syubhat (samar) dan syahwat (menyukai/menyenangi) yang selalu dihiasi oleh setan serta jihad melawan hawa nafsu yaitu dengan belajar agama Islam (belajar dengan benar), lalu mangamalkannya kemudian mengajarkannya.
Dari lima kewajiban manusia sebagai insan maka dari itu jangan lupa untuk senantiasa meng-upgrade diri, keimanan, dan kewajiban sebagai insan.

1 comment: